Bola, Jakarta - Manajemen PSM Makassar resmi mencoret sembilan pemain setelah kompetisi Indonesia Soccer Championship berakhir. Mereka termasuk tiga pemain asing dan enal lokal, yakni Luiz Ricardo (Brasil), Kwon Jun (Korea Selatan), Ronald Hikspoors (Belanda), David Ariyanto, Achmad Hisyam Tolle, Zulvin Zamrun, Ivan Wahyudi, Maldini Pali, dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

"Kita tidak banyak perubahan tim, hanya beberapa pemain saja dilepas. Karena permainan mereka tidak sesuai dengan skema yang akan dijalankan," kata Direktur Utama PSM Makassar, Munafri Arifuddin, saat jumpa pers di Sekretariat PSM Makassar di Jalan Balaikota, Kamis, 22 Desember.

Ia menjelaskan bahwa pemain yang dilepas ini bukan karena permainannya yang tak bagus. Namun skema yang ingin diterapkan pelatih Robert Rene Alberts tak sesuai. Sedangkan untuk Maldini dan Muchlis dilepas lantaran keduanya lolos masuk anggota Polri. "Pada dasarnya kita sudah menemukan kata sepakat dengan Robert untuk Liga Super Indonesia musim depan. Dan kita juga sudah berkomunikasi dan diskusi untuk mempertahankan beberapa pemain, termasuk Wiljan Pluim," tutur dia.

Dengan dicoretnya beberapa pemain, lanjut dia, pihaknya akan kembali mendatangkan tiga pemain asing dan 6 lokal. Saat ditanya siapa-siapa saja yang menjadi incaran, Munafri mengaku belum bisa mengungkapkannya karena manajemen tak terpaku dengan satu nama pemain saja. "Kemungkinan ada 6 pemain yang akan bergabung dan masih mencari kesepakatan," ucap dia.

Menurut dia, saat ini tim memang rawan di lini belakang yakni posisi bek kanan/kiri dan stopper. Hal itu terbukti dengan banyaknya gol yang tercipta selama pertandingan TSC. "Itulah kita akan perketat proses seleksi," ujarnya.

Selain itu, lanjut Munafri, manajemen juga akan menggunakan pelatih fisik khusus di ISL mendatang. Dia (pelatih) yang akan mengatur pola makanan pemain selama di mess. "Jadi ada organisasi kecil juga nantinya, yang mengatur selama pemain berada di mess," tambahnya.

DIDIT HARIYADI

Baca:
Manchester United Cuci Gudang, 4 Pemain Ini Akan Didepak
Mungkinkah Mourinho Bertahan 10 Tahun di Manchester United?
Hasil Pertandingan Sepak Bola Kamis Dinihari: Barcelona Lolos, Inter Menang
Nasib Riedl Diputus di Kongres PSSI, Kemenpora Ingin Hiddink