Nasional, Jakarta – Tim investigasi majalah Tempo meraih juara pertama Anugerah Karya Jurnalistik Antikorupsi (AKJA) 2 pada 2016 untuk kategori liputan investigasi dengan karya “Jejak Suap Resep Obat”. Artikel yang dipublikasikan pada 2 November 2015 itu ditulis oleh Mustafa Silalahi, Stefanus Teguh Pramono, dan Rusman Paraqbueq.

“Kami berterima kasih atas penghargaan ini,” kata Mustafa saat menerima penghargaan, Kamis, 22 Desember 2016.

Mustafa mengatakan karya investigasi ini mengenai jejak suap ribuan nama dokter dari Aceh sampai Papua oleh sebuah perusahaan farmasi terkemuka agar dokter meresepkan obat buatan perusahaan tersebut. Tapi tidak semua nama dokter dipublikasikan karena keterbatasan halaman dan kewajiban jurnalistik untuk mengkonfirmasi semua nama yang ditulis.

Acara penghargaan AKJA 2 ini diselenggarakan oleh pegiat antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) di lantai 2 Wisma Antara, Jakarta Pusat. Selain kategori investigasi, ada tiga kategori lain yang dilombakan, yaitu karikatur, fotografi, dan audio visual.

Adapun kategori karikatur dimenangi oleh Joko Luwarso dari Harian Terbit. Sedangkan kategori fotografi dimenangi Rommy Pujianto dari Media Indonesia, dan kategori audio visual oleh Fredy Yansyah dari Trans7.

RUSMAN